Friday, April 8, 2011

Mudah!!!buat Graffiti di PHOTOSHOP

Maraknya graffiti di kalayak muda kali ini membuat pertanyaan besar. Gimana cara buat graffiti? Alat apa saja yang dibutuhkan? berapa lama pembuatannya?. Sebenernya saya tidak menjawab pertanyaan itu namun saya akan kasih solusinya sebelum anda jadi bomber. Saya akan membuat hobi dan keinginan anda akan jadi kenyataan dari pada anda hanya membuat graffiti di sebuah kertas dan gak berguna jika telah sobek. Saya akan membuat anda lebih bangga dan memamerkan karya graffiti anda dengan bantuan computer. Kali ini saya akan buat graffiti di photosop. Sebenernya sangat mudah buat graffiti itu. Putarlah imajinasi mu dengan berbagai huruf yang tidak beraturan yang dapat membentuk karya seni. Mungkin ada pertanyaan dihati kecil anda?apa bisa pakai photoshop yang mempunyai basis bitmap. Banyak para bomber sebelumnya membuat sketsa sebelum bermain brush dijalanan. Biasanya sich software yang dipakai corel atau illustrator. Namun disini saya akan buat hal yang berbeda dengan photoshop juga dapat dengan mudah membuat graffiti. Apakah anda percaya? Hanya dengan modal sebuah pentools semua dapat dilakukan dalam membentuk object vector bahkan membuat graffiti terlihat lebih mudah di photoshop. Buka kembali galeri graffiti anda yang sudah anda buat di kertas.
Sebenernya saya juga masih belajar dalam membuat graffiti art ini. Karena saya masih newbie maka saya akan buat tracing dari graffiti yang telah saya buat. Namun jika anda telah mahir dalam membuat graffiti langkah ini gak usah anda pakai. Gunakan scan untuk mengambil gambar graffiti yang telah anda buat untuk dimasukkan kedalam computer. Disini saya mengunakan hp kamera ecek-ecek untuk mengatasi solusi ini, maklumlah didesa gak ada scan bos hohoho. Oke langsung saja buka photoshop anda dan buka sketsa yang telah anda scan ke dalam photoshop.
Disini saya buat graffiti dengan nama blogku yaitu Autosmart. Simple banget yah graffiti saya, maklumlah namanya juga belajar^^. Langsung saja ya Aktifkan pentool dan mulailah mentracing bagian depan alias bagian inti dari tulisan graffiti seperti contoh dibawah. oya bagi yang belum tau caranya menggunakan pentool untuk buat vector, lihat di tutorial pertama saya mengubah foto jadi vector.


hasilnya akan tampak seperti ini sekiranya setelah anda bermain trace. Selanjutnya kita akan sibuk mentrace lagi pada bagian 3d.
 Ganti background dengan warna putih agar detailnya kelihatan.Sekarang saatnya trace pada bagian depan.
 Nah jadinya akan tampak seperti ini..hemm tapi kok kurang rame yah graffitinya. Oke tenang aja..untuk mengatasinya kita perlu menambahkan beberapa arrow agar kelihatan rame.
 Gimana sudah agak rame kan kawan..Selanjutnya buat gradasi pada bagian 3d terlebih dulu ,caranya pilih blending-gradient overlay.
 Wow lebih keren yah dari pada buat Graffiti di kertas..mudahkan.. selanjutnya buat gradien lagi pada bagian inti graffiti.




 Gunakan warna hitam pada background agar lebih garang.  Selanjutnya gabungkan semua layer dari graffiti dengan merge layer atau block layer yang mau digabungin kemudian tekan ctrl+e, kecuali background. Ubah warna graffiti dengan hue/sat atau ctrl+u, selanjutkan cerahkan graffiti dengan level atau ctrl+L agar gradient lebih terang.


 Gimana lebih mencolok kan graffitinya..selanjutnya pilih background dan ubahlah seperti gambar tembok karena disini kita juga membuat graffiti serta manipulasi graffiti agar kayak beneran ditembok. oke setelah memilih background selanjutanya pilih filter-texture-patchwork. Hasilnya akan seperti gambar dibawah, oya beri sentuhan brush agar lebih lengkap dan kasih outline pada graffiti dengan mengunakan stroke, pilih blending-stroke gunakan warna gradient yah agar menyatu.
 magic of photoshop kan..hasilnya menakjubkan hanya dengan model pentool..hohoho. oke agar brush dan graffiti menyatu buat sentuhan percikan darah hitam pada seluruh bagian samping graffiti. oya bro gunakan bevel and embos untuk bagian percikan darahnya.


Nah Graffiti sudah oke tinggal finishing dech..kasih tanda tangan bro biar terkenal..hohoho.




Wah dah jadi bro..semoga berguna yah.. selamat belajar and sukses selalu... By: Rizky Abe Tekken Punk.


0 comments:

Post a Comment